RSS

PSIKOLOGI MANAJEMEN : REVIEW JURNAL KEPUASAN KERJA


TUGAS
REVIEW JURNAL KEPUASAN KERJA

Psikologi Manajemen

Dosen Pengampu
Ade Irma Suryani



Disusun Oleh Kelompok Melati

Ade Nurul Oktaviana (10513148)
Jojor Lamria (14513665)
Mariska Wisnu Dwipratiwi (15513298)
Widya Anissa Wiranti (19513264)
Yulia Wirantri Farhani (19513569)

Kelas
3PA02

REVIEW JURNAL KEPUASAN KERJA

Judul Jurnal                             : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja
Pegawai Pada Pegawai Dinas Luar Asuransi Jiwa Bersama BumiPutera 1912 Cabang SetiaBudi Medan
Nama Jurnal                : Jurnal Manajemen Bisnis
Volume, Nomor, Halaman                   : Volume 2, Nomor 1, 25-32
Tahun                                                  : Januari 2009
Penulis                                                            : Yulinda dan Sri Wulan Harlyanti


I. LATAR BELAKANG
Kepuasan kerja karyawan dipengaruhi oleh banyak faktor, menurut teori kepuasan kerja yang dikemukakan oleh Frederick Herzberg dalam Luthans (2006:283) mengemukakan Teori Dua Faktor yaitu faktor motivator dan faktor hygiene. Faktor motivator berhubungan dengan aspek-aspek yang terkandung dalam pekerjaan itu sendiri (job content) atau disebut juga sebagai aspek intrinsik dalam pekerjaan sedangkan faktor hygiene yaitu faktor yang berada di sekitar pelaksanaan pekerjaan, berhubungan dengan job context atau aspek ekstrinsik pekerja. Proses untuk membuat karyawan merasakan puas dalam bekerja, pihak pimpinan perusahaan harus memastikan bahwa faktor hygiene telah memadai.
            Dampak kepuasan kerja cenderung terpusat pada kinerja karyawan, tingkat kehadiran, dan tingkat keluar masuknya karyawan (turnover). Organisasi dengan karyawan yang lebih puas cenderung memiliki kinerja dan tingkat kehadiran yang lebih tinggi serta turnover yang lebih rendah dibandingkan dengan organisasi yang memiliki karyawan yang kurang puas (Robbins, 2006:102).
            Perusahaan Asuransi Jiwa Bersama Bumiputra 1912 merupakan perusahaan asuransi nasional  yang tertua di Indonesia yang menghadapi berbagai rintangan/tantangan dari perusahaan asuransi yang bermodal besar, asuransi patungan, asuransi nasional dan asuransi milik negara. Hal ini tentunya berdampak pada asuransi lokal yang bermodal kecil, yang tak punya daya saing. AJB Bumiputera 1912 memiliki kekuatan yang unik pada pemilikan yaitu mutual life artinya pemegang polis adalah pemegang saham, Oleh sebab itu agen harus bekerja keras dengan sungguhan dan penuh tanggung jawab, terampil dan diperjaya sehingga mampu memberikan pelayanan terbaik pada pemegang polis.

II. TUJUAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan kerja pada pegawai dinas luar Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera Cabang Setiabudi.

III. METODE PENELITIAN
  1. Batasan Operasional
  2. Definisi Operasional Variabel
Definisi variabel yang diteliti adalah sebagai berikut :
a.       Faktor Motivator (X1)
b.      Faktor Hygiene (X2)
  1. Skala Pengukuran Variabel
  2. Tempat dan Waktu Penelitian
  3. Populasi dan Sampel
  4. Jenis dan Sumber Data
Prosedur pengambilan data pada penelitian ini adalah menggunakan :
a.       Data Primer
b.      Data Sekunder
  1. Teknik Pengumpulan Data
a. Wawancara (Interview) 
b. Kuesioner
8. Uji Validitas dan Realibilitas 
9. Metode Analisis Data
a. Metode Analisis Deskriptif
b. Metode Analisis Kuantitatif/Infrensial
10. Uji Hipotesis
Dalam analisis regresi ada 3 jenis kriteria ketepatan yaitu :
a. Koefisien determinasi (R²)
b. Uji-F 
c. Uji Signifikansi (Uji t)

IV. HASIL PENELITIAN
Pengujian hipotesis dimaksudkan untuk melihat pengaruh variabel bebas faktor motivator (X1) dan faktor hygiene (X2) dengan variabel terikat kepuasan kerja. Dalam penelitian ini pengujian dilakukan dengan metode enter. Diketahui bahwa faktor motivator (X1) dan faktor hygiene (X2) merupakan variabel bebas yang digunakan sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan kerja (Y).

V. KESIMPULAN
  1. Variabel faktor motivator dan faktor hygiene berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai dinas luar Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 Cabang Setiabudi, Medan berdasarkan hasil uji F (serempak) dan uji t (parsial).
  2. Faktor yang paling dominan mempengaruhi kepuasan kerja pegawai dinas luar Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 Cabang Setiabudi Medan adalah faktor motivator.
  3. Berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi diketahui nilai Adjusted R² sebesar 0,76 yang berarti 76% variabel kepuasan kerja dijelaskan oleh faktor motivator dan faktor hygiene, sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


0 comments:

Post a Comment