TUGAS
REVIEW JURNAL KEPUASAN KERJA
Psikologi Manajemen
Dosen Pengampu
Ade Irma Suryani
Disusun Oleh Kelompok Melati
Ade Nurul Oktaviana (10513148)
Jojor Lamria (14513665)
Mariska Wisnu Dwipratiwi
(15513298)
Widya Anissa Wiranti (19513264)
Yulia Wirantri Farhani (19513569)
Kelas
3PA02
REVIEW JURNAL KEPUASAN KERJA
Judul Jurnal : Faktor-Faktor yang
Mempengaruhi Kepuasan Kerja
Pegawai Pada Pegawai Dinas Luar Asuransi Jiwa Bersama
BumiPutera 1912 Cabang SetiaBudi Medan
Nama Jurnal : Jurnal
Manajemen Bisnis
Volume, Nomor, Halaman :
Volume 2, Nomor 1, 25-32
Tahun : Januari 2009
Penulis
: Yulinda
dan Sri Wulan Harlyanti
I. LATAR
BELAKANG
Kepuasan
kerja karyawan dipengaruhi oleh banyak faktor, menurut teori kepuasan kerja yang
dikemukakan oleh Frederick Herzberg dalam Luthans (2006:283) mengemukakan Teori
Dua Faktor yaitu faktor motivator dan faktor hygiene. Faktor motivator
berhubungan dengan aspek-aspek yang terkandung dalam pekerjaan itu sendiri (job
content) atau disebut juga sebagai aspek intrinsik dalam pekerjaan sedangkan
faktor hygiene yaitu faktor yang berada di sekitar pelaksanaan pekerjaan,
berhubungan dengan job context atau aspek ekstrinsik pekerja. Proses untuk
membuat karyawan merasakan puas dalam bekerja, pihak pimpinan perusahaan harus
memastikan bahwa faktor hygiene telah memadai.
Dampak kepuasan kerja cenderung terpusat pada kinerja
karyawan, tingkat kehadiran, dan tingkat keluar masuknya karyawan (turnover).
Organisasi dengan karyawan yang lebih puas cenderung memiliki kinerja dan
tingkat kehadiran yang lebih tinggi serta turnover yang lebih rendah
dibandingkan dengan organisasi yang memiliki karyawan yang kurang puas
(Robbins, 2006:102).
Perusahaan Asuransi Jiwa Bersama Bumiputra 1912 merupakan
perusahaan asuransi nasional yang tertua
di Indonesia yang menghadapi berbagai rintangan/tantangan dari perusahaan
asuransi yang bermodal besar, asuransi patungan, asuransi nasional dan asuransi
milik negara. Hal ini tentunya berdampak pada asuransi lokal yang bermodal
kecil, yang tak punya daya saing. AJB Bumiputera 1912 memiliki kekuatan yang
unik pada pemilikan yaitu mutual life artinya pemegang polis adalah pemegang
saham, Oleh sebab itu agen harus bekerja keras dengan sungguhan dan penuh
tanggung jawab, terampil dan diperjaya sehingga mampu memberikan pelayanan
terbaik pada pemegang polis.
II. TUJUAN
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi
kepuasan kerja pada pegawai dinas luar Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera
Cabang Setiabudi.
III. METODE
PENELITIAN
- Batasan
Operasional
- Definisi
Operasional Variabel
Definisi variabel yang diteliti adalah sebagai
berikut :
a. Faktor Motivator
(X1)
b. Faktor Hygiene
(X2)
- Skala
Pengukuran Variabel
- Tempat
dan Waktu Penelitian
- Populasi
dan Sampel
- Jenis
dan Sumber Data
Prosedur pengambilan data pada
penelitian ini adalah menggunakan :
a.
Data Primer
b.
Data Sekunder
- Teknik Pengumpulan Data
a. Wawancara
(Interview)
b. Kuesioner
8. Uji Validitas dan Realibilitas
9. Metode Analisis Data
a. Metode Analisis
Deskriptif
b. Metode Analisis
Kuantitatif/Infrensial
10. Uji Hipotesis
Dalam analisis regresi ada 3
jenis kriteria ketepatan yaitu :
a. Koefisien determinasi
(R²)
b. Uji-F
c. Uji Signifikansi (Uji t)
IV. HASIL PENELITIAN
Pengujian hipotesis dimaksudkan untuk melihat pengaruh variabel bebas
faktor motivator (X1) dan faktor hygiene (X2) dengan variabel terikat
kepuasan kerja. Dalam penelitian ini pengujian dilakukan dengan metode enter.
Diketahui bahwa faktor motivator (X1) dan faktor hygiene (X2) merupakan
variabel bebas yang digunakan sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan
kerja (Y).
V. KESIMPULAN
- Variabel
faktor motivator dan faktor hygiene berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan kerja pegawai dinas luar Asuransi Jiwa Bersama (AJB)
Bumiputera 1912 Cabang Setiabudi, Medan berdasarkan hasil uji F (serempak)
dan uji t (parsial).
- Faktor
yang paling dominan mempengaruhi kepuasan kerja pegawai dinas luar
Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 Cabang Setiabudi Medan adalah
faktor motivator.
- Berdasarkan
hasil analisis koefisien determinasi diketahui nilai Adjusted R² sebesar
0,76 yang berarti 76% variabel kepuasan kerja dijelaskan oleh faktor
motivator dan faktor hygiene, sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor
lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
0 comments:
Post a Comment