RSS

#Pinternet : Pengertian dan Sejarah internet.



Pengertian Internet
            Internet adalah singkatan dari Interconnected Network. Internet merupakan sebuah sistem komunikasi yang mampu menghubungkan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Namun perlu diingat, bahwa jaringan yang terbentuk bukanlah bersifat terpusat, sehingga apabila satu komputer atau satu jaringan yang terputus, tidak akan mengganggu koneksi komputer atau jaringan yang lainnya. Semua fasilitas di atas dapat dilakukaan dimana saja dan kapan saja serta tidak mengenal batas geografis, asalkan anda terhubung dengan internet.
            Berbagai jenis komputer dengan spesifikasi yang berbeda-beda dapat saling berkomunikasi melalui internet. Beberapa bentuk jaringan yang berbeda-beda dapat saling bertukar informasi dan data melalui internet menggunakan seperangkat aturan yang disebut protokol TCP/IP.
            Untuk membedakan setiap komputer atau jaringan yang terhubung ke internet maka digunakan sebuah identitas tertentu yang disebut alamat IP (IP address). Alamat IP merupakan kombinasi angka-angka yang menunjukkan identitas sebuah komputer atau jaringan di internet. Contoh alamat IP: 202.155.2.111.
            Selain menggunakan alamat IP, beberapa komputer atau jaringan dapat juga memiliki identitas berupa nama yang mudah diingat. Nama tersebut disebut sebagai nama domain, contohnya: www.yahoo.com, www.bendera.com, atau www.alexmedia.co.id.
            Internet muncul pada tahun 1969 dan kemudian mengalami perkembangan yang sangat pesat sekitar tahun 1993/1994, kehadiran Internet telah membawa perubahan yang signifika terhadap berbagai aspek kehidupan umat manusia, terutama dari sisi kebebasan untuk memperoleh dan menyebarkaan informasi tanpa mengenal batas geografis. 

Sejarah internet

  • Pada tahun 1960-an Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui Advance Research Projects Agency (ARPA) merintis sebuah sistem jaringan ARPANET. ARPANET merupakan cikal bakal dari internet.
  • Pada tahun 1980-an, internet muli digunakan secara terbatas untuk menghubungkan beberapa universitas terkemuka di Amerika Serikat.
  • Protokol standar TCP/IP mulai dipernalkan pada tahun 1982.
  • Sistem nama domain muai digunakan pada tahun 1984.
  • National Science Foundation Network (NSFNET) dibangun pada tahun 1986 dan mulai menggantikan peran ARPANET sebagai jaringan riset di Amerika Serikat. Beberapa jaringan internasional di berbagai negara mulai dibangun dan dihubungkan dengan NSFNET.
  • ARPANET dibubarkan pada tahun 1990. Namun internet tetap terus berkembang hingga sekarang.
  • Awalnya informasi yang bisa diperoleh melalui internet hanyalah informasi berbasis teks. Pada tahun 1990, layanan berbasis tampilan grafis yaitu World Wide Web (WWW) mulai di kembangkan oleh CERN.
  • Sekitar tahun 1994, internet mulai digunakan di Indonesia.



Daftar Pustaka:
Ramadhan, Arief. (2013). Internet dan Aplikasinya. Jakarta : Alex Media Komputindo. 
Yuhefizar. (2013). 10 Jam Meng. Internet,teknologi & Apl+cd. Jakarta : Alex Media Komputindo. 
Syafrizal, Melwin. (2013). Pengantar Jaringan Komputer. Jakarta : Alex Media Komputindo.

0 comments:

Post a Comment