RSS

AIR MANCUR TREVI (FONTANA DI TREVI) – ROMA



Nama : Jojor Lamria
Kelas : 1PA06
NPM : 14513665

MITOS DUNIA
AIR MANCUR TREVI (FONTANA DI TREVI) – ROMA
Fontana di Trevi atau Fountain Trevi, adalah kolam air mancur paling terkenal di Italia, Eropa bahkan dunia. Tidak hanya karena keindahan artistiknya saja, kolam air mancur ini punya mitos yang sangat mendunia.
Kolam selebar 20 meter ini berhiaskan relief bergaya Barok paling besar di Roma dengan tinggi 26 meter. Kolam Fontana di Trevi berbentuk persegi panjang dengan satu sisi menempel ke tembok dan dihias dengan patung-patung. Terdapat patung Neptunus dan Triton, dewa laut dan berpuluh kuda laut yang mengitari mereka.

Air mancur ini didesain oleh seorang arsitek terkenal di Italia bernama Nicola Salvi pada tahun 1732. Meskipun kolam ini diapit berbagai jalanan sempit di daerah Trevi di pusat Kota Roma, di sekitar kolam ada deretan bangku panjang yang asyik untuk duduk-duduk.

ASAL-USUL FONTANA DI TREVI
Trevi sebenarnya merupakan bagian akhir dari Aqua Virgo, saluran air yang dibangun pada abad 19 SM. Saluran ini membentang sepanjang 20 km dari mata air Salone dan memasok air ke bagian pusat Roma.

Air mancur Trevi yang ada saat in dibangun pada tahun 1732 oleh Nicola Salvi, setelah sebelumnya pernah dikerjakan oleh Bernini atas utusan Paus Urbanus VIII. Salvi menyelesaikan patung "The Restive Sea Horse" atas utusan Paus Clement XII karena paus yang sebelumnya telah meninggal dunia.

Di air mancur ini terdapat patung Neptunus, Dewa Laut, sedang mengendarai kereta berbentuk kerang yang ditarik oleh dua kuda laut sebagai tokoh sentral. Setiap kuda dipandu oleh Triton. Salah satu kuda terlihat jinak, sedangkan yang lainnya terlihat liar. Dua kuda ini sengaja digambarkan secara berbeda untuk melambangkan laut yang selalu bergejolak.

MITOS DIBALIK FONTANA DI TREVI
Selain menikmati keindahan arsitektur air mancur, di sini Anda juga dapat melemparkan koin ke dalam air mancur. Trevi Fountain dikenal sebagai ikon cinta di Roma. Ini karena terdapat sebuah mitos menyangkut Trevi Fountain yang telah hidup dalam masyarakat Roma sejak lama.

Dipercayai bahwa jika Anda melemparkan satu koin maka Anda dapat kembali lagi ke Roma. Sementara jika Anda melempar dua koin maka Anda bisa menikahi pria atau wanita Roma.
Tradisi melempar koin di Fontana di Trevi awalnya adalah kebiasaan masyarakat Roma yang entah dimulai sejak kapan. Kebiasaan ini berawal dari mitos yang lestari sampai saat ini.

Mitosnya begini: Barang siapa melempar satu koin, dia bisa kembali ke Roma. Barang siapa melempar 2 koin akan menemukan cinta, dan yang melempar 3 koin akan segera menikah. Sungguh mitos yang romantis.

Nah, melempar koinnya pun tidak boleh sembarangan. Koin harus dilempar dengan tangan kanan melalui bahu kiri. Aturan ini mungkin agar mitosnya manjur.

Dalam beberapa pemberitaan terakhir, pemerintah Kota Roma sudah mulai melarang mitos ini dilakukan wisatawan. Bukan apa-apa, koin-koin yang berkarat di dasar kolam perlahan-lahan merusak Fontana di Trevi.

Diperkirakan ada sekira 3.000 euro koin yang dilempar ke kolam ini setiap harinya. Uang ini digunakan untuk mensubsidi kebutuhan pasar Kota Roma. Sayangnya, air mancur ini mulai tua dan beberapa bagiannya yang bernilai tinggi mulai hancur di sana-sini






REFERENSI :

0 comments:

Post a Comment